Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
eproduk
M-KRPL
Open House
Visitor Plot Pertanian Perkotaan (2008) PDF Cetak E-mail
Oleh Beni, Suwandi, Ikrar, Risris   
Kamis, 10 November 2011 09:11

Jumlah penduduk Jakarta yang sangat besar merupakan pasar potensial bagi produk pertanian, namun tidak semua komoditas pertanian dapat dikembangkan di Jakarta. Hal ini disebabkan keterbatasan ketersediaan lahan yang ada. Oleh karena itu diperlukan suatu tehnik pertanian yang dapat diterapkan untuk pertanian perkotaan. Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Daerah DKI Jakarta telah mencanangkan pengembangan pertanian di DKI Jakarta sebagai pertanian perkotaan berwawasan agribisnis dan ramah lingkungan yang secara umum disebut sebagai agribisnis perkotaan. Pengelolaan tanaman hias, vertikultur tanaman sayur, bertanam buah dalam pot, pemeliharaan tanaman obat keluarga dan pemeliharaan kelinci merupakan sebagian teknologi pertanian yang dapat diaplikasikan di daerah perkotaan dengan lahan terbatas. Berkaitan dengan hal tersebut maka BPTP Jakarta melalui kegiatan diseminasi berupa visitor plot mendemonstrasikan teknologi pertanian perkotaan. Diharapkan kegiatan visitor plot ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat untuk melakukan pertanian perkotaan baik sebagai hobi maupun lahan bisnis.

Pada kegiatan visitor plot kali ini diperlihatkan penggunaan rumah sere sebagai model tempat pemeliharaan tanaman anggrek. Atap rumah sere menggunakan paranet untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk. Teknologi penyiraman sederhana yang digunakan adalah dengan sprinkle yang dipasang pada pipa paralon. Untuk plot tanaman sayur, sayuran daun yang dibudidayakan secara vertikultur pada visitor plot adalah sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Jakarta seperti kangkung, sawi, selada, bawang kucai dan kemangi. Pada plot tanaman sayur yang ditanam pada bedengan, diperlihatkan cara pengelolaan lahan sempit. Tehnik penyiraman yang ditunjukkan menggunakan sprinkle sehingga air yang keluar berupa butiran-butiran dan tidak merusak tanaman terutama saat di persemaian. Selain itu dengan penyiraman model seperti ini lebih dapat menghemat waktu dan waktu penyiraman dapat diatur. Pengelolaan tabulampot didemplotkan dengan pemeliharaan rutin, meliputi pemupukan, penyiraman, penyiangan dan pengendalian hama penyakit. Tanaman hias yang didemplotkan teknologi pemeliharaannya dan  menjadi koleksi BPTP Jakarta meliputi aglonema, anthurium, sansieverra, adenium, dan nollina. Ternak yang didemplotkan pada kegiatan visitor plot ini adalah kelinci. Kelinci yang dibudidayakan adalah satin dan angora. Pada demplot ini ditunjukkan sistem perkandangan dengan sistem kandang terpisah atau yang lebih dikenal dengan istilah battery, mirip sangkar berderet dimana satu sangkar untuk satu ekor dengan konstruksi Flatdech Battery (berjajar). Selain itu ditunjukkan pula teknologi pakan dan budidayanya secara lengkap.

Melalui visitor plot maka paket teknologi yang dihasilkan oleh BPTP Jakarta dapat ditunjukkan kepada masyarakat umum secara langsung sehingga teknologi tersebut sampai ke sasaran atau pengguna. Masyarakat yang tertarik dengan teknologi yang didemplotkan dapat bertanya secara langsung dengan contoh yang nyata.    Masih diperlukan masukan mengenai inovasi teknologi yang harus ditunjukkan pada demplot-demplot kegiatan visitor plot. Inovasi teknologi harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat mengenai teknologi pertanian.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com