Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
eproduk
M-KRPL
banner2
banner4
agribisnis


Menyapa M-KRPL di Rorotan Jakarta Utara PDF Cetak E-mail
Oleh Kartika Mayasari   
Senin, 24 Februari 2014 00:00

Rorotan, merupakan salah satu titik kegiatan m-KRPL di wilayah Jakarta Utara. Agenda rutin yang dilakukan oleh anggota KWT Cempaka pada setiap hari Jum’at adalah Jumantik (Juru Pemantau Jentik). Jum’at (21 Pebruari 2014), kurang lebih 10 orang ibu-ibu sudah beraktifitas di Kebun Bibit Desa dari pagi. Memang, bencana banjir beberapa waktu yang lalu sempat membuat KBD di Rorotan menjadi tidak tersentuh, tapi kini semangat ibu-ibu KWT Cempaka pun tidak surut, KBD sudah mulai berseri kembali. Agenda pertemuan kali ini adalah pembahasan mengenai jadwal pelatihan berbagai teknologi, penguatan kelembagaan kelompok, dan inventarisasi jenis tanaman yang diinginkan oleh setiap anggota.

Dalam penguatan kelembagaan kelompok, para pengurus dan anggota diingatkan kembali dan di-refresh mengenai tanggung jawab dan tugas masing-masing pengurus, serta hak dan kewajiban dari anggota kelompok. M-KRPL di Rorotan ini dikomandani oleh KWT Cempaka dengan struktur organisasi sebagai berikut : Ketua/koordinator oleh Ibu Endang Sri Budiastuti, Sekretarisnya adalah Ibu Tri Handayani, dan Bendaharanya adalah Ibu Sulastri.

Mengenai pendampingan dan pelatihan berikutnya, para pengurus dan anggota KWT sangat menginginkan adanya pelatihan olahan pasca panen. Oleh karena itu, pertemuan berikutnya akan diadakan pelatihan pembuatan Cake Bayam, dalam rangka mendukung program perbaikan gizi posyandu. Setelah itu, pelatihan mengenai cara pembuatan media tanam seperti vermikompos, dalam rangka mengatasi kelangkaan media tanam, serta pelatihan teknologi pertanian lainnya.

Animo anggota KWT terhadap kegiatan m-KRPL masih sangat tinggi, hal ini ditunjukkan dengan adanya berbagai permintaan tanaman yang ingin ditanam di setiap halaman rumah masing-masing, sedikitnya ada lima sampai delapan jenis tanaman yang akan di tanam, seperti sawi, kangkung, bayam, selada, cabe, kemangi, terong, dan tomat. Semoga KRPL di Rorotan akan tetap lestari, Semangat KWT Cempaka…

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com