Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
M-KRPL
Open House
eproduk


Sosialisasi Varietas dan Pengolahan aneka kacang dan umbi PDF Cetak E-mail
Oleh Yosi Handayani   
Senin, 16 Juni 2014 00:00

Dalam rangka menyemarakkan Pekan Nasional ke-14, BPTP Jakarta ikut serta dalam kegiatan sosialisasi varietas dan pengolahan aneka kacang dan umbi-umbian yang diselengggarakan oleh Balitkabi, Malang. Acara berupa pemaparan oleh ibu Erliana Ginting dkk dilanjutkan dengan praktek pembuatan beberapa produk olahan dari umbi-umbian.

Peran strategis umbi-umbian adalah sebagai sumber karbohidrat sekaligus sebagai substitusi tepung terigu selain itu produk olahannya memiliki keunggulan nilai gizi serta komponen bioaktifnya.  Komoditas utama di Balitkabi yaitu kacang-kacangan adalah kedelai, kacang tanah dan kacang hijau. Untuk umbi yaitu ubi jalar dan ubi kayu. Selain komoditas utama terdapat juga komoditas umbi-umbian yang potensial, untuk kacang-kacangan seperti kacang tunggak, kacang gude, komak, koro-koroan dan untuk umbi-umbian seperti garut, ganyong, talas/kimpul dan keladi.

Beberapa varietas unggul ubikayu antara lain; adira 1, adira 2, adira 4, malang 1, malang 2, Darul Hidayah. Produk olahan ubikayu segar maupun pasta; beragam kue basah/jajanan, pohung keju, mie, keripik dan kerupuk. Kriteria ubikayu yang cocok untuk dijadikan olahan yaitu jenis manis (HCN < 50 mg/kg), tekstur remah kering, pulen dan mekar serta tidak berserat.

Varietas kedelai unggul yang telah dihasilkan antara lain Detam 1, Detam 2, Anjasmoro, Argomulyo, Burangrang, Panderman. Produk olahan kedelai yaitu tahu dan tempe, kecap. Tempe yang dibuat dari kedelai lokal seperti  burangrang dan bromo memiliki kadar protein tempe yang lebih tinggi dibanding kedelai impor sekitar 24.3%bb - 26.7%bb dibanding impor sebesar 22.1%bb dengan nilai rendemen yang dihasilkan lebih juga lebih tinggi. Pada tahu, kedelai lokal seperti anjasmoro, gepak kuning, gema mnghasilkan rendemen yang lebih tinggi dibanding tahu  kedelai impor.

Varietas unggul ubijalar antara lain Sukuh, sesuai untuk tepung dan pati; Cangkuang, hasil tinggi sesuai untuk tepung dan konsumsi; Sari, sesuai untuk konsumsi. Ubijalar orange/kuning mengandung betakaroten yang merupakan sumber vitamin A dan antioksidan begitu pula dengan ubi ungu mengandung antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan, antihipertensi dan mencegah penuaan dini. Banyak produk olahan yang dihasilkan dari ubijalar  seperti 50% pada kue pukis dan lumpur, 50% pada stik goreng, 40 % pada mie, 50-100% pada es krim.

Dari komoditas-komoditas unggulan umbi maupun kacang-kacangan diatas   dapat dikembangkan oleh KWT  di wilayah DKI Jakarta menjadi produk-produk olahan yang lebih beragam. Selain untuk diversifikasi pangan dan peningkatan produksi pangan lokal yang kualitasnya tidak kalah dibanding impor,  juga dapat meningkatkan nilai tambah yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com