Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Sinar Tani
M-KRPL
banner4
Banner5
eproduk
banner2


Kunjungan Wartawan NGI Ke BPTP Jakarta PDF Cetak E-mail
Oleh Sheila Savitri   
Senin, 08 September 2014 00:00

Jakarta - National Geographic Indonesia (NGI) adalah versi bahasa Indonesia dari majalah National Geographic, yang diterbitkan di bawah kelompok Kompas Gramedia. Majalah ini aktif mengupas masalah lingkungan tetapi juga sains, sosial, budaya, arkeologi, dan masih banyak lagi. Ciri khas dari majalah ini adalah kupasannya yang mendaalam disertai dengan foto-foto pendukung yang sangat fenomenal.

Di pertengahan Agustus 2014, atas arahan dari Kepala Badan Litbang Pertanian, Titania Febrianti, wartawan senior majalah NGI datang ke BPTP Jakarta dalam rangka mengumpulkan informasi mengenai pertanian organik khususnya di daerah perkotaan. Setelah diskusi pendek dengan Kepala BPTP Jakarta, disepakati bersama untuk mengujungi lokasi KRPL Kramat Jati yang terbilang berhasil membangun KRPL di lingkungannya.

Di lokasi KRPL Kramat Jati, H. Ramin Sa’aman sebagai champion KRPL wilayah Kramat Jati, memaparkan dari awal penerapan KRPL hingga sekarang berkembang ke wilayah lain di Kecamatannya. Di sana, H. Ramin Sa’aman juga menjelaskan bahwa dalam bertani mereka membuat pupuk dan membibitkan sendiri tanaman yang akan ditanam. Pupuk yang diolah adalah pupuk organik berbahan baku limbah pasar dan rumah tangga. Mendatangi lokasi KRPL di Kramat Jati sedikitnya membuka mata wartawan NGI mengenai pertanian perkotaan di wilayah Jakarta.

Pada dasarnya, tulisan Sdri. Titania Febrianti sudah hampir selesai dan kebutuhannya hanya melengkapi sedikit tulisannya yang masih kurang. Sehingga saat berkunjung ke lokasi KRPL Kramat Jati, wartawan tersebut jarang mengajukan pertanyaan dan hanya mendengarkan kisah H. Ramin Sa’aman mengenai KRPL di lingkungannya.

Selang waktu 1 minggu, fotografer majalah NGI, Yuniardi, bertandang ke BPTP Jakarta. Tujuannya tidak lain melengkapi foto untuk naskah tulisan pertanian organik yang masih kurang. Dikarenakan waktunya yang berbarengan dengan kunjungan Mobil Hijau SIKIB, maka fotografer NGI turut mengikuti Seminar Pertanian Perkotaan di Ruang Rapat BPTP Jakarta. Setelah selesai mengikuti seminar,  fotografer NGI mulai mengambil beberapa gambar untuk kebutuhan tulisan mengenai pertanian organik, diantaranya adalah foto peneliti pertanian organik, rumah kaca, serta konsep bioindustri yang ada di BPTP Jakarta.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com